Wah, Kemenhub Larang Penumpang Gunakan Samsung Galaxy Note 7 Saat Naik Pesawat

484
Ilustrasi

JAKARTA, FOKUSUTAMA.COM – Teknologi sejatinya telah dan terus berkembang dari waktu ke waktu untuk membantu manusia dalam menjalankan kehidupannya. Hanya saja, tak jarang perkembangan teknologi yang pesat justru mendatangkan masalah bagi manusia itu sendiri. Alasannya beragam, keamanan jiwa, privasi, keamanan informasi, serta masih banyak lagi. Contoh yang paling sering adalah kecelakaan pesawat terbang yang disebabkan oleh gangguan telepon genggam, terutama di era smartphone seperti saat ini.

Menanggapi hal tersebut, baru-baru ini, Kementerian Perhubungan telah mengeluarkan peraturan tang berisi larangan bagi semua penumpang pesawat menggunakan ponsel Samsung Galaxy Note 7 dalam setiap penerbangan.

“Kementerian Perhubungan melarang semua penumpang pesawat menggunakan ponsel Samsung Galaxy Note 7 dalam setiap penerbangan”

Sebagaimana disampaikan oleh Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Pubik Hemi Pamuharjo, hari ini (14/09/2016), ponsel Galaxy Note 7 yang dibawa ke kabin haram untuk digunakan bahkan dalam keadaan flight mode sekalipun. Tak hanya Galaxy Note 7, produk lain Samsung yang juga menggunakan baterai lithium pun dilarang.

“Selain itu, seluruh pengelola bandara juga harus memastikan penumpang dan personel pesawat udara untuk tidak menempatkan baterai lithium, power bank, dan smartphone Samsung Galaxy Note 7 dalam bagasi tercatat, ” tulis Hemi di laman dephub.go.id.

Secara rinci, larangan tersebut tertuang dalam surat edaran Direktur Jenderal Perhubungan Udara Nomor SE.18 Tahun 2016 yang mulai berlaku sejak tanggal 13 September.

Menurut Hemi, Kementerian Perhubungan melakukan hal itu semata karena merupakan langkah antisipasi atas kejadian terbakar dan meledaknya peralatan elektronika yang menggunakan baterai lithium seperti produk Samsung Galaxy Note 7.

Menurutnya, tercatat telah terjadi sekira 35 kejadian yang dilaporkan dari seluruh dunia terkait dengan permasalahan baterai produk ponsel pintar tersebut.

Sebelumnya, otoritas penerbangan Amerika Serikat Federal Aviation Administration (FAA) dan Eropa, European Aviation Safety Agency (EASA) juga maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia telah mengeluarkan larangan kepada penumpang untuk menggunakan Samsung Galaxy Note 7 selama penerbangan. (NE)

SUMBERRimanews.com
BAGIKAN

Komentar