Universitas Esa Unggul: Mengenal Budaya Lewat Perwayangan

293
Universitas Esa Unggul

JAKARTA, FOKUSUTAMA.COM – BEM Universitas Esa Unggul menyelenggarakan kegiatan orientasi mahasiswa baru sejak tanggal 28 Agustus hingga 30 Agustus 2017. Konsep yang diusung tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini, BEM Universitas Esa Unggul mengedepankan konsep kebudayaan. Dengan tema BATARA SIWA, “Bangun Nusantara dengan Sinergi Mahasiswa,” terlihat pernak pernik perwayangan yang menghiasi kegiatan orientasi mahasiswa baru.

Ketua BEM Universitas Esa Unggul, Muhammad Zaky Rabbani menuturkan bahwa konsep ini digagas karena melihat masyarakat Indonesia, khususnya pemuda yang kurang mengapresiasi budaya sendiri. “Kita dapat melihat realita sekarang, masyarakat Indonesia khususnya pemuda yang kurang peduli terhadap budayanya sendiri. Terlebih, mereka sudah tervirusi dengan budaya asing”. kata Zaky.

Disisi lain, generasi Indonesia sekarang dinilai kurang mengetahui dunia perwayangan, padahal wayang adalah khas Indonesia. “Kami melihat masyarakat Indonesia, khususnya pemuda kurang mengetahui dunia perwayangan, hal ini yang kemudian mengilhami kami untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap perwayangan dalam diri  mahasiswa.” jelas zaky.

Pembukaan kegiatan orientasi mahasiswa baru Universitas Esa Unggul ini ditandai dengan penancapan “gunungan” oleh Rektor Universitas Esa Unggul, bapak Dr. Ir. Arief Kusuma Among Praja, M. BA. Kegiatan ini diisi dengan berbagai materi, mulai dari materi anti korupsi, kewirausahaan hingga materi pokok kebudayaan yang akan diisi langsung oleh budayawan Sujdiwo Tedjo. “Ya, kami sangat menekankan nilai kebudayaan dalam kegiatan orientasi mahasiswa baru kali ini, dengan harapan mahasiswa baru lebih mencintai kearifan lokal yang sudah ada sejak lama”. pungkasnya. (NC)

Komentar