Tahun 2015, Keuntungan Bersih BTN Melejit Hingga 62 Persen

10347
Ilustrasi

FOKUSUTAMA.COM – Hasil sangat positif dicatatkan oleh PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN). Bagaimana tidak, ditengah melambatnya kondisi perekonomian Indonesia, BTN justru berhasil mencatatkan keuntungan yang cukup fantastis di sepanjang tahun 2015 dengan total laba bersih mencapai Rp1,85 triliun. Atau dengan kata lain tumbuh 62% dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya mencapai Rp1,15 triliun.

“Sementara rata-rata perbankan mengalami penurunan pendapatan, laba bersih BTN meningkat dengan sangat signifikan,” Ujar Direktur Utama BTN, Maryono seperti dikutip dari Kantor Berita Antara, Kamis (4/2)

Mernurut Maryono, penaikan laba bersih perseroan tahun lalu didapat dari meningkatnya pendapatan perseroan dari penyaluran kredit dan pengelolaan dana pihak ketiga.

Seperti diketahui, tahun lalu perseroan mencatat kinerja kredit dan pembiayaan berada di posisi Rp139 triliun, meningkat 19,88 persen dibandingkan tahun sebelumnya Rp115,92 triliun. Dengan begitu, pertumbuhan kredit BTN berada di atas rata-rata pertumbuhan industri yang hanya berada pada kisaran 9,85 persen.

Lebih lanjut Ia menjelaskan, selain peningkatan dari penyaluran kredit dan pembiayaan, dana pihak ketiga perseroan tahun lalu juga mengalami peningkatan menjadi Rp128 triliun, tumbuh 19,97 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Pertumbuhan dana pihak ketiga juga tercatat berada di atas rata-rata pertumbuhan industri yang berada di level 7,7 persen.

Dengan demikian total aset perseroan tumbuh 18,83 persen dari Rp144,6 triliun pada tahun sebelumnya menjadi Rp172 triliun. (NE)

SUMBERCNN
BAGIKAN

Komentar