FOKUSUTAMA.COM -Kegiatan Studi dan Apresiasi Kepemimpinan Siswa Teladan Indonesia merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh SMP Labschool Cibuburyang diikuti sekitar 223 siswa kelas 7 dan kelas 8 angkatan 5 dalam rangka menumbuhkan dan meningkatkan kualitas jiwa kepemimpinan siswa untuk membentuk karakter positif sebagai bekal kehidupan. Kegiatan SAKTI 2016yang bertemakan ‘Pemimpin Yang Berdisiplin dan Berintegritas Tinggi’merupakan SAKTI yang ke-5 dilaksanakan pada tanggal 26 s.d 28 Februari 2016 yang bekerjasama dengan KOSTRAD TNI AD, khususnya Denharrahlat KOSTRAD Sanggabuana Karawang Jawa Barat.

Menurut Kepala SMP Labschool Cibubur (Drs. H. Uswadin, M.Pd.) SAKTI merupakan kegiatan yang mengadopsi dari kegiatan SMP Labschool Jakarta dan Kebayoran yang dirancang oleh SMP Labschool Cibubur dalam rangka memberikan pengalaman belajar di alam terbuka yang menyenangkan dan menantang, serta bermakna bagi siswa. Tujuan besar dari kegiatan ini diharapkan bisa memberikan pengalaman dalam menyiapkan pemimpin masa depan yang bertaqwa, berkarakter, jujur, dan memiliki rasa patriotisme serta nasionalisme yang tinggi sehingga pada saatnya kelak mereka dapat bersinergi positif dengan komponen bangsa yang lain dalam membangun negara. Adapun Output dari kegiatan ini para siswa disiapkan untuk Organisasi Intra Sekolah (OSIS) dan MPK pada kelas 8 nanti, dan juga menyiapkan pemimpin masa depan (Building Future Leader) sesuai dengan visi misi Labschool Laboratorium Universitas Negeri Jakarta.

FOTO: IST

Bekerjasama dengan Denharrahlat KOSTRAD TNI AD Sanggabuana KarawangJawa Barat para siswa diberikan materi-materi dan pelatihan-pelatihan yang berkenaan dengan kepemimpinan oleh para profesional. Selain itu, para siswa juga mendapatkan materi dari narasumber profesional lainnya seperti ‘Menjadi Pemimpin Yang Baik’ oleh tokoh pendidikan nasional Prof. Dr. Arief Rahman. M.Pd, dan ‘Say No to Drugs’ oleh Brigjen Pol. Dr. Victor Pudjiadi, Sp.B.,FICS,DFM dari BNN.

SAKTI 2016juga mengaplikasikan Motto Labschool yaitu Iman, Ilmu, da Amal. Salah satu diantaranya melatih kekuatan fisik dan mental para siswa agar tangguh menghadapi berbagai hambatan, medan, dan tantangan. Kegiatan-kegiatan seperti melaksanakan ibadah sholat berjamaah tepat waktu, mencuci piring sendiri, Pelatihan Baris Berbaris, Bela diri, KOSTRAD TNI AD, melakukan makan komando, belajar tentang bertahan hidup di hutan ketika kondisi darurat (Survival), belajar teknik menjinakkan hewan ular, belajar melempar senjata tajam untuk pertahanan diri, Bakti Sosial (BAKSOS)juga diharapkan untuk bisa meningkatkan ketaqwaan, kemandirian, rasa tanggung jawab, dan disiplin para siswa. Selain itu, terdapat juga kegiatan yang menghibur seperti Outbond, peragaan busana tradisional, pertunjukkan musik, dll.

FOTO

Kegiatan ini ditutup dengan upacara pelantikan anggota Pramuka untuk siswa kelas 7 yang telah memenuhi semua persyaratan untuk menjadi anggota Pramuka sekaligus upacara penutupan kegiatan SAKTI 2016. Khusus bagi peserta yang aktif dan menjalani seluruh rangkaian kegiatan SAKTI 2016 dengan disiplin dan penuh tanggung jawab mendapatkan penghargaan dari panitia berupa hadiah.Semuanyadikemas dalam bingkai SAKTI 2016 yang diharapkan bisa memberikan energi positif kepada para siswa untuk bisa menjadi pemimpin masa depan yang baik, serta sebagai implementasi kurikulum 2013 dalam mewujudkan pendidikan yang membentuk karakter siswa yang unggul dan tangguh. Labschool Jaya.

FOTO: ORI

BAGIKAN

Komentar