SMK 3 Perguruan “Cikini” Hadirkan Sarana dan Prasarana Sesuai Kebutuhan Zaman

2202

JAKARTA, FOKUSUTAMA.COM – Pada mulanya masyarakat hanya mengenal nama SMK Perguruan “Cikini” (Percik) yang berdiri di wilayah Plumpang Jakarta Utara sejak 1979 (dahulu STM). Seiring perkembangan waktu serta memenuhi tuntutan kebutuhan masyarakat, pada 2005 berdirilah SMK Musik Percik yang kini menerapkan sistem Boarding School di wilayah Duren Tiga, Kalibata Jakarta Selatan. Kepercayaan masyarakat terhadap Sekolah Perguruan “Cikini” memang terbilang tinggi. Untuk menampung minat masyarakat terhadap Sekolah Menengah Kejuruan, sejak 2012 Percik kembali mengembangkan institusi dengan mendirikan SMK di wilayah Srengseng Sawah, Jakarta Selatan. Dengan demikian kini Percik memiliki 3 SMK yaitu SMK 1 (Plumpang), SMK 2, yaitu SMK Musik (dahulu Sekolah Menengah Musik) dan SMK 3 (Srengseng Sawah).

Keberadaan SMK 3 disambut antusias oleh masyarakat Srengseng Sawah dan sekitarnya. Sejak awal berdiri tidak kurang dari 350 sampai dengan 400 pendaftar  berminat mengikuti pendidikan di sekolah ini. Animo masyarakat kian tahun kian bertambah, selalu melebihi kapasitas/ daya tampung yang ada. Ini tidak terlepas dari pamor sekolah Percik itu sendiri yang sudah sangat berpengalaman mengelola berbagai jenis sekolah mulai dari TK hingga Perguruan Tinggi.

SMK 3 Percik dengan slogan “Kembangkan ilmu, hasilkan karya” telah hadir di tengah-tengah masyarakat sebagai wadah pendidikan ideal bagi para lulusan Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau sederajat yang memberikan nuansa pendidikan baru dengan konsep pembelajaran yang kreatif, aktif, inovatif, produktif, dan menyenangkan  bagi siswa sesuai dengan kompetensi keahlian yang diminati. Bakat serta kemampuan siswa terus digali sejalan dengan kebutuhan masyarakat dan industri dengan pengembangan berbagai kompetensi yaitu: Teknik Kendaraan Ringan, Teknik Komputer dan Jaringan, Teknik Multimedia, Farmasi, dan Administrasi Perkantoran/ Sekretaris. Aneka program pembelajaran, kehandalan guru, dan pengadaan sarana prasarana penunjang menjadi fakor utama dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah ini. Kurikulum yang digunakan mengacu pada Standar Nasional Pendidikan dan berorientasi global dan internasional. Dengan kualitas yang dimiliki, para lulusan siap menghadapi dunia kerja maupun melanjutkan pendidikan dalam menyongsong era globalisasi.

Mengapa yakin memilih SMK 3 Pergururan Cikini?

SMK 3 Perguruan Cikini menganut azas kualitas yang baik tidak selalu dengan biaya mahal, maka biaya sekolah pun relatif terjangkau dengan uang pangkal dapat diangsur. Sehingga masyarakat tidak terlalu terbebani dengan urusan biaya.

Selain itu biaya yang relatif terjangkau, SMK 3 Perguruan Cikini selalu menghadirkan perkembangan kemajuan zaman, maka pembelajaran dilakukan dengan berbasis Informasi Teknologi (IT). Sehingga para lulusan ini nantinya akan adaptatif terhadap kebutuhan dunia kerja dan kebutuhan masyarakat. Sekolah ini pun menerapkan  sistem pembelajaran yang sesuai dengan pola kerja industri. Harapannya banyak dari lulusan sekolah ini berpeluang dalam dunia kerja dari setiap program keahlian yang dipelajari selama sekolah.

PHOTO 2

Menghasilkan peserta didik yang berkualitas tidak terlepas dari guru atau tenaga pengajar. Maka itu SMK 3 Perguruan Cikini memiliki tenaga pengajar yang kompeten di bidangnya dan memiliki komitmen yang tinggi guna menjaga mutu proses pendidikan.

Disetiap jurusan atau program yang ada di SMK 3 Perguruan Cikini, selalu menghadirkan kerjasama dengan mitra industri. Ini penting karena berbicara untuk kepentingan mendatang. Entah nantinya lulusan dari sekolah tersebut bisa berkerja dan bisa dimanfaatkan dengan segala kepentingan yang positif.

Selain tenaga pengajar yang berkompeten, SMK 3 Perguruan Cikini menyediakan sarana dan prasarana untuk menunjang kualitas siswa, diantaranya adalah bengkel dan laboratorium yang lengkap menjadikan siswa memiliki pengalaman lapangan yang mencukupi sebelum terjun ke dunia kerja, membudayakan kedisiplinan dan kebersihan lingkungan, lokasi sekolah mudah dijangkau, ruang kelas dilengkapi AC, perpustakaan menyediakan buku-buku teks dan karya ilmiah, menyediakan kegiatan ekstrakulikuler sebagai sarana pengembangan bakat siswa.

Dari sarana dan prasarana yang disediakan di sekolah SMK 3 Perguruan Cikini, alhamdulillah index kelulusan siswa 100 persen, sebagian masuk ke dunia kerja/ industri, sebagian yang lain melanjutkan pendidikan ke berbagai perguruan tinggi. Sebagai sekolah baru, banyak prestasi yang telah diraih oleh siswa/siswi SMK 3 Perguruan “Cikini”.

PHOTO 1-1

SMK 3 Perguruan Cikini menerapkan pembelajaran berbasis kerja, sehingga memudahkan para lulusan untuk memasuki dunia kerja yang sebenarnya. Pengajarnya pun berkompeten di bidangnya, hal ini membantu peserta didik dalam memahami materi dan mampu mengaplikasikan di tempat kerja.

Metode yang dipakai oleh tenaga pengajar atau guru lebih banyak praktik sehingga para peserta didik tidak merasa bosan dan lebih mudah mengerti tentang hal yang harus kuasai.

Dengan kualitas yang dimiliki, SMK 3 Perguruan Cikini siap menjadi sekolah yang terbaik di bidang akademik maupun non akademik. Meski sekolah yang beralamat lengkap di Jalan Srengseng Sawah No.79 Jagakarsa Jakarta Selatan ini belum lama berdiri, namun berkat kerja keras dan keuletan seluruh warganya, berhasil menyandang nilai akreditasi A (Amat Baik). Berbagai program kompetensi keahlian/ jurusan dalam sekolah ini menyediakan alternatif bagi para lulusan SMP yang berminat bergabung di dalamnya yaitu: Teknik Kendaraan Ringan/ Otomotif, Teknik Komputer Jaringan, Multimedia,Farmasi,Administrasi Perkantoran/sekretaris.

Satu hal yang menarik dari sekolah ini adalah penyelenggaraan Masa Orientasi Siswa (MOS) yang menerapkan standar tersendiri dalam pembinaan mental dan disiplin siswa. MOS dilakukan dengan menghadirkan para pembina dari Korps Marinir, sehingga sejak awal para siswa sudah memiliki standar disiplin yang tinggi serta mental yang kuat dalam menghadapi berbagai tantangan kedepan. “Dengan kedisiplinan yang tinggi dan mental yang kuat disertai bekal kompetensi yang handal, niscaya para siswa akan siap terjun ke dalam dunia kerja atau melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi”, demikian Gito Suroso, S.Pd, M.Si Kepala SMK 3 Perguruan “Cikini”. (NC)

Komentar