SMA PKP Gelar Public Expose, Harun: Upaya Kami Agar Siswa Kritis

94

FOKUSUTAMA.COM – Jakarta Public Expose merupakan rangkaian kegiatan studi penelitian yang dilakukan oleh kelas XI untuk jurusan IPA maupun IPS tahun ajaran 2019/2020 di SMA PKP JIS. Adapun rangkaian kegiatan studi penelitian telah dirancang dari bulan Oktober 2019 dan dipublikasikan pada acara public expose yang diselenggarakan di Aula Al Kautsar, Ciracas (27/02).

“Acara ini sebagai wadah para peserta didik untuk berfikir kritis mengenai kondisi
dan lingkungan sekitar. Ada 193 Judul yang terdiri dari 80 judul tentang sains,110 judul
mengenai humaniora dan budaya serta 3 judul terkait informasi teknologi”. Ujar Harun Al
Rasyid, M.Pd selaku Ketua Pelaksana.

Sebelum ketahap public expose, para peserta didik mengajukan judul dan melakukan proses bimbingan serta diujikan untuk diseleksi tingkat orisinalitas konten dan konteks pembahasan serta melalui tahapan itu, munculah enam terbaik peserta didik yang terpilih sebagai finalis dalam ajang ini”, tambahnya.

Adapaun enam terbaik tersebut antara lain Nurrudin Prasetyo (Pengabdian Masyarakat; E-Commerce Untuk Meningkatkan Daya Jual Produk Teh Desa Nglinggo), Dinda Amaris (Pelestarian Kesenian Tari Lengger Di Desa Nglinggo), Rafif Majid (Analisis Tingkat Stress Pada Petani Teh Desa Nglinggo), Aulia Pramesti (Pemanfaatan Camelia Sinensis Khas Desa Ngliggo Dalam Bentuk Cookies), Raisah (Sejarah Eksistensi dan Pembendaharaan Museum Pers Sebagai Cagar Budaya), serta Ghina Desrizkymalia (Pengolahan Produk Susu Kambing Etawa dengan Pemanfaatan Gula Aren Sebagai Pembuatan Ghina Candy).

Ini merupakan sebuah kemerdekaan belajar ala Mas Nadiem Makarim sebagai implementasi pembelajaran yang aktual dan berfikir kritis”. Ungkap Drs.Yayat W.Heriyanto, M.M, M.Ikom dalam sambutannya. Keenam finalis tersebut mempresntasikan dari judul mereka ajukan dan konsepkan, lalu akan diajukan pertanyaan dari panelis yang diundang dalam public expose, antara lain Drs.H.Endang Abutarya, M.Pd dari UHAMKA, Ken Norton dari Metro TV dan
Dr.H.Tongato,M.Si dari Pondok Karya Pembangunan. (
RGW)

BAGIKAN

Komentar