Sekjend LAPMI: LAPMI Cabang Tangerang Harus Berpegang Teguh Kepada Prinsip Idealisme

145

Fokusutama, Tangerang– Lembaga Pers Himpunan Mahasiswa Islam (LAPMI) HMI Cabang Tangerang menggelar pelatihan jurnalistik dasar, Minggu (30/6/2019).

Hadir sebagai narasumber Sekretaris Jendral Badan Kordinasi Nasional LAPMI PB HMI periode 2018-2020, Erman Adiakusumah.

Dalam materinya, Erman menyampaikan tentang kode etik jurnalistik. Kepada peserta pelatihan, dia pun berpesan untuk bekerja sesuai dengan kode etik jurnalistik yang telah menjadi aturan seorang jurnalis.

Mahasiswa Pascasarajana UIN Jakarta ini menypaikan pers Indonesia saat ini ada dalam era digital dan semakin kuatnya era industri media massa dengan penguasaan para pemilik modal. Kedua hal itu menjadi tantangan dunia pers ke depan. Namun dia mengingatkan seluruh insan pers tetap mengedepankan kode etik profesi.

“Pers juga harus bersikap berimbang dalam memberikan informasi. Karena itu, Kode Etik Jurnalistik harus menjadi pijakan utama pers Indonesia dalam menjalankan fungsinya sebagai pemberi informasi dan juga kontrol sosial,” kata Erman.

Sebagai pilar demokrasi, Erman mengingatkan kepada peserta training agar tetap teguh menjalankan tugas dan fungsinya. Peran pers sebagai kontrol sosial disebutnya harus tetap berjalan, sekaligus memberikan kritik yang membangun dan sebagai corong suara masyarakat yang tidak bisa bersuara.

“sebagai seorang Jurnalis Kader LAPMI Cabang Tangerang harus berpegang teguh kepada prinsip idealisme, ” kata dia.

Bukan hanya soal idealisme yang menjadi tantangan bagi media saat ini. Perkembangan teknologi yang pesat juga memunculkan informasi yang berkembang di masyarakat semakin banyak dan riuh, sehingga terkadang sulit dibedakan antara berita yang nyata dan informasi bohong atau hoax. Erman menilai peran pers sangat penting dalam aspek ini.

“Di era digitalisasi tersebut, pers harus berperan memberikan informasi yang benar, edukatif, mencerdaskan, dan memberikan pencerahan kepada masyarakat di tengah banyaknya hoax,” kata dia.

Erman juga mengajak kepada seluruh kader kader HMI, khususnya peserta latihan jurnalistik dasar di LAPMI Cabang Tangerang untuk bersama – sama melawan informasi hoax dan ujaran kebencian.

“Hoax dan ujaran kebencian harus bersama – sama kita lawan,” pungkasnya

BAGIKAN

Komentar