Ridwan Kamil Ingin Penikmat PSK Dihukum

592
Ridwan Kamil

FOKUSUTAMA.COM – Jika kebanyakan orang seringkali menyalahkan para perempuan penjajah seks (PSK) sebagai penyebab utama tumbuh suburnya sebuah kawasan lokalisasi. Maka lain halnya dengan Walikota Bandung, Ridwan Kamil. Pria yang akrab disapa Kang Emil ini justru melihat pria hidung belang yang kerang menjadi pelangganlah sebagai biang masalahnya.

Pria yang juga terkenal sebagai bapaknya para “jomblo” ini bahkan menginginkan agar para pengguna pekerja seks komersial (PSK) dihukum. Tujuannya agar mereka tidak lagi ‘jajan’ bahkan menjadi pelanggan suatu kawasan prostitusi. Dengan begitu, Ia meyakini, sesuai pinsip ekonomi jika tidak ada “pembeli”, yang “jualan” pun secara otomatis akan terus tertekan, bahkan hilang.

“Jadi ada supply, ada demand. Kita kunci dari demand-nya. Itu gagasan saya.” kata Emil, sapaan akrabnya, di Bandung, Selasa (16/2).

Tapi sebagai pejabat publik Ia pun sadar jika hal itu tidak mudah diwujudkan. Sebab hingga kini tidak ada aturan jelas yang menghukum para penikmat PSK. Peraturan daerah atau peraturan wali Kota pun sulit dibuat karena tidak ada dasar hukum di atasnya yakni berupa Undang-undang atau peraturan lain yang mengatur juga belum ada.

“Yang paling memungkinkan itu menghukum si lelakinya. Cuma tidak ada referensi aturannya. Kalau ada aturan hukum menghukum lelakinya atau penggunanya, hukumannya apa?,” tegas Emil.

Ia pun mengakui jika dirinya saat ini masih memutar otak, bagaimana agar ke depannya praktik prostitusi bisa ditekan. Sebab praktik prostitusi bisa terjadi kapan saja dan di mana saja. (NE)

Komentar