Resmi dibuka, Jalan Tol Ngawi – Kertosono Beroperasi

124

MADIUN, FOKUSUTAMA. COM – Presiden Joko Widodo menghadiri acara peresmian Jalan Tol Ngawi – Kertosono pada Kamis (29/3) di Madiun, Jawa Timur. Selain Jokowi,  turut hadir Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Gubernur Jawa Timur Soekarwo, Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk Desi Arryani, Direktur Operasi II PT Waskita Karya (Persero) Tbk Nyoman Wirya Adnyana, dan Direktur Utama PT Ngawi Kertosono Jaya Iwan Moedyarno.

Pembangunan infrastruktur proyek Jalan Tol Ngawi – Kertosono berhasil diselesaikan. PT Waskita Karya (Persero) tbk sebagai kontraktor telah menyelesaikan Paket 1 dengan ruas Ngawi, Magetan, dan Madiun dengan panjang 20 kilometer dari total 87 kilometer.

Dengan diselesaikannya pembangunan Jalan Tol Trans Jawa Paket 1 ini, diharapkan mampu menumbuhkan dan mempercepat laju perekonomian. Pasalnya, jalan tol itu merupakan bagian dari jaringan jalan tol Trans Jawa yang menghubungkan Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur.

“Pembangunan tol ini akan berdampak positif terhadap peningkatan mobilitas masyarakat dan mempercepat arus logistik antara Jawa Tengah dan Jawa Timur,” ungkap Direktur Operasi II PT Waskita Karya (Persero) Tbk, Nyoman Wirya Adnyana.

Diketahui, Proyek Jalan Tol Ngawi – Kertosono Paket 1 (ruas Ngawi – Magetan – Madiun) diperoleh Waskita pada tahun 2015 dengan nilai kontrak sebesar Rp 1,54 triliun. Jalan Tol Ngawi – Kertosono adalah jalan tol sepanjang 87,02 kilometer yang memiliki empat gerbang tol (GT).

Yakni Gerbang Tol (GT) Ngawi, GT Madiun di Dumpil Balerejo, GT Mejayan di Caruban, dan GT Wilangan di perbatasan Kabupaten Madiun-Nganjuk, Desa Pajaran Kecamatan Saradan. Jalan tol ini merupakan jaringan dari Jalan Tol Trans-Jawa dan pencanangan pembangunannya dilakukan pada tanggal 30 April 2015. (TYL)

Komentar