Reshuflle Jilid II, Sudirman Said dan HM Prasetyo Akan Diganti

1298
Sudirman Said

Isu pergantian (reshuffle) Kabinet kembali menyeruak. Kali ini, nama-nama beken semisal Sudirman Said dan dan Jaksa Agung HM Prasetyo pun disebut-sebut akan didepak dari jabatannya masing dalam reshuffle jilid II ini. Hal ini disampaikan oleh pengamat Ekonomi Politik Asosiasi Ekonomi Politik Indonesia (AEPI), Kusfiardi yang mengatakan bahwa kinerja beberapa menteri terutama disektor ekonomi masih berkinerja buruk.

“Jika dilihat hampir semua menteri yang terkait perekonomian dan kesejahteraan rakyat kinerjanya buruk. Terbukti dari data BPS yang menyebut bahwa pertumbuhan ekonomi melambat, pengangguran bertambah dan kemiskinan juga meningkat,” ungkapnya, Minggu (20/12).

Lebih lanjut Kusfiardi menjelaskan, posisi Menteri Keuangan kabarnya akan diduduki Sri Adiningsih. Sri sendiri saat ini merupakan Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres). Dprediksi bernasib sama, Menteri ESDM Sudirman Said juga disebut-sebut akan digantikan oleh mantan Direktur Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian ESDM, Raden Sukhyar yang berpengalaman lebih dari 30 tahun di sektor ESDM.

Adapun di sektor hukum, Jaksa Agung HM Prasetyo pun dikabarkan juga akan didepak dari kabinet. Untuk penggantinya, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) periode 2013-2015, Hamdan Zoelva pun diduga kuat akan endapatkan kehormatan tersebut. (ed)

BAGIKAN

Komentar