Reses, Desy Ratnasari Serap Aspirasi Masalah Pendidikan Kab. Sukabumi

200

FOKUSUTAMA.com – Dalam kunjungan masa reses masa sidang II, Anggota DPR RI Fraksi PAN Desy Ratnasari, M.Si., M.Psi mengunjungi Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi dan bertemu langsung dengan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi beserta jajarannya didampingi oleh Anggota DPRD dan DPD PAN Kabupaten Sukabumi, jumat (06/03/2020).

Kepala Dinas menyampaikan beberapa hal terkait keadaan sekolah, jumlah pengajar, jumlah siswa-siswi di Kabupaten Sukabumi, berbagai workshop dan pelatihan yang diselenggarakan, serta permasalahan anggaran yang alokasinya tidak terlalu banyak untuk Kabupaten Sukabumi.

Selain itu mereka menyampaikan bahwa SMP kekurangan tenaga Pengajar/Guru PNS. Permasalahannya terdapat 6.474 Guru Honor (yang terdaftar dalam dapodik dan masa kerja 2 tahun) dengan besaran insentif 750rb/bulan yang belum diangkat menjadi PNS. Sebanyak 8.050 Guru SD yang sudah kualifikasi S1/D4, sementara itu guru harus memiliki sertifikat pendidikan, juga terdapat 4.922 guru yang sudah mendapatkan sertifikat pendidik yang saat ini dikhawatirkan dapat mengganggu kualitas belajar karena banyak yang gagal dalam melakukan uji kompotensi namun dinas menerapkan pelatihan dan workshop sebagai salah satu upaya untuk terus meningkatkan kompetensi dan kualitas guru.

Untuk menunjang kualitas pendidikan  itu sendiri maka diperlukan pembangunan sarana dan prasarana. Fasilitas tersebut harus menjadi hal yang diutamakan, seperti ruang kelas, perpustakaan, lab komputer, lab bahasa, lab IPA dan sanitasi sekolah.

DesyAnggota Komisi X ini menyampaikan bahwa hal tersebut akan menjadi aspirasi yang harus ia sampaikan nanti ketika rapat bersama komisi X dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

“Tentu saya berharap bahwa kita dapat bersama-sama membangun dan memberikan yang terbaik untuk pendidikan dan juga kerjasama yang baik dengan Dinas Pendidikan baik itu Kabupaten maupun Kota Sukabumi, apapun yang di sampaikan hari ini akan menjadi perhatian saya, sehingga kita semua memiliki visi dan misi yang sama dalam memajukan kualitas dan mutu pendidikan di Kota dan Kabupaten Sukabumi”, tutupnya. (ed)

BAGIKAN

Komentar