Primus Sosialisasi Empat Pilar Bangsa Di Kampung Cibarengkok

1551
Anggota DPR RI Komisi VI Fraksi-PAN Primus Yustisio.

FOKUSUTAMA.COM – Anggota DPR RI Komisi VI Fraksi-PAN Primus Yustisio menyelenggarakan sosialisasi empat pilar kehidupan berbangsa. Acara ini dihadiri 150 peserta dari berbagai kalangan masyarakat Kampung Cibarengkok Kabupaten Bogor, mereka antusias mengikuti sosialisasi yang disampaikan anggota DPR RI Primus Yustisio,SE sebagai narasumber utama. Bogor,  selasa (14/7/2016).

Pada kesempatan acara sosialisasi empat pilar, Primus menyampaikan beberapa hal pokok tentang empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara. Diantara poin penyampaiannya adalah tentang Pancasila sebagai dasar kehiudpan berbangsa. Demikianpun pemahaman soal UUD 945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI.

Dalam prolog materinya, disampaikan bahwa Indonesia adalah bangsa yang majemuk, dengan berbagai latar belakang, baik suku, etnis, agama dan golongan. Dari beranekaragaman identitas tersebut, mereka memiliki basis nilai masing-masing. Oleh karena itu, menurut ayah empat anak ini, Pancasila harus hadir sebagai kekuatan perekat dalam bingkai NKRI; sebagai nilai yang mempersatukan dan menyolidkan masyarakat Indonesia dalam keanekaragaman tersebut.

Pada kesempatan yang sama, anggota DPR dari Fraksi PAN ini mengatakan; dalam Pancasila, kita juga memiliki satu dasar nilai perekat yaitu “Bhinneka Tunggal Ika yang artinya Berbeda-beda Tapi Tetap Satu.” Prinsip ini meniscayakan, bahwa meski kita hidup dalam keragaman, namun kesatuan dan persatuan tetap terjalin di bawah semangat Pancasila dan UUD 1945.

Dalam kegiatan sosialisasi ini, selaku pembicara, Primus mengingatkan warga masyarakat Kampung Cibarengkok, bahwa meski di perkampungan dengan berbagai profesi dan latar belakang, tapi dalam sikap, watak dan tingkah laku, harus mencerminkan Pancasila sebagai dasar filosofis dan pedoman dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Demikian pun kepatuhan pada UUD 1945 sebagai konstitusi negara dan sebagai sumber hukum di Indonesia.

Rangkaian acara ini terdiri dari dua sesi, pertama pembukaan dan sesi penyampaian materi. Pada sesi penyampaian materi, Primus membuka kesempatan berdialog. Tak sedikit masyarakat yang aktif bertanya dan berdiskusi. Mereka menanyakan berbagai hal tentang empat pilar kehidupan bangsa. Acar berlangsung dialogis hingga selesai [M/S]

Komentar