Peringati Hardiknas dan Hari Lahir BPL, BPL PB HMI: Pendidikan Kunci Pembangunan Nasional

236
Nur Cahyono, Ketum BPL PB HMI

Jakarta,- Badan Pengelola Latihan Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (BPL PB HMI) mengucapkan selamat Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), dan juga selamat hari lahir BPL HMI.

“Tepat pada 02 Mei, Saya mengucapkan selamat Hari Pendidikan Nasional dan Hari Lahir BPL HMI,” kata Ketua Umum BPL PB HMI Nur Cahyono, dalam keterangan tertulisnya, pada Sabtu (02/05/2020).

Cahyono mengatakan, pendidikan merupakan tempat untuk membangun dan mencetak sumber daya manusia yang unggul dan berkualitas. Dengan adanya sumber daya manusia akan menjadikan sebuah negara itu kuat.

“Pendidikan itu erat sekali dalam pembangunan nasional. Sebuah negara yang kuat jangan dilihat dari sumber daya alamnya, tapi dilihat dari sumber daya manusianya,” ucap Cahyono.

Ia menambahkan, mungkin kita bisa belajar salah satunya dari negara matahari terbit, Jepang. Pada saat Jepang dihancurkan oleh bom atom Amerika, Jepang bangkit dengan cara terlebih dahulu menyelamatkan kaum-kaum pendidik. Setelah itu baru mereka mulai bangun sektor yang lain.

“Karena untuk membangun kembali negara mereka, hal paling utama yang harus dilakukan adalah membangun pendidikan,” katanya.

Mahasiswa Program Magister di Universitas Paramadina ini menjelaskan, pendidikan itu sangat luas cakupannya. Seseorang dikatakan mengikuti pendidikan itu tidak hanya yang mengenyam mulai dari bangku sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Oleh sebab itu, Ki Hadjar Dewantara berpesan, “jadikan setiap tempat sebagai sekolah dan jadikan setiap orang sebagai guru.”

“Pesan itu artinya di mana pun kita berada dan dengan siapa kita berjumpa harus dijadikan semangat untuk melatih dan mendidik diri agar menjadi manusia yang lebih baik kedepannya,” jelasnya.

Sementara itu, pada Organisasi HMI, Cahyono mengatakan, dalam pembangunan nasional ada pendidikan nasional, dalam mencetak kader HMI yang berkompeten dan berkualitas ada yang namanya BPL HMI. Kedua lembaga itu konsen pada dunia pendidikan yang erat kaitannya dengan pembangunan sumber daya manusia.

“Dalam sejarah Indonesia, HMI telah memberikan warna terhadap bangsa Indonesia. Mulai dari sumbangsih pemikiran KeIslaman dan KeIndonesiaan, hingga untuk mewujudkan masyarakat adil dan makmur,” ujarnya.

Dalam memperingati Hardiknas dan Lahir BPL HMI ini, mengutip dari Ki Hadjar Dewantara, Cahyono berpesan, Ing ngarso sung tulodo, Ing madyo mangun karso, Tut wuri handayani.

“Di depan memberi teladan, di tengah memberi bimbingan, di belakang memberi dorongan,” pungkas Cahyono. (TYL)

Komentar