Peringatan Hari Internasional Solidaritas Warga Palestina, Sekjen PBB Berharap Palestina dan Israel Damai

21
Retno Marsudi

JAKARTA, FOKUSUTAMA.COM – Perwakilan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Kedutaan Besar Palestina untuk Indonesia, dan Kementerian Luar Negeri RI, menggelar acara peringatan Hari Internasional Solidaritas Warga Palestina di Jakarta, pada Kamis (30/11).

Pada kegiatan tersebut, dalam pidato Menlu RI Retno mengatakan, Indonesia mendukung untuk memperjuangkan kemerdekaan Palestina. Usai pidato Retno bersama Duta Besar Palestina untuk Indonesia yang baru, Zuhair Al Shun membuka eksibisi pameran foto PBB tentang Palestina.

“Indonesia mendukung kemerdekaan Palestina”

Selain itu, Pelaksana Tugas Direktur PBB di Jakarta Eshila Maravanyika mengatakan, Sekjen PBB Antonio Guterres menitipkan salam kepada Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi yang hadir dan membuka acara ini.

“Semua proses perdamaian dan rekonsiliasi Palestina sudah berada di jalan yang benar. Kita harus mendukung agar proses ini berjalan dengan baik dan mencapai tujuan,” katanya mengutip pernyataan Guterres.

“Sekarang adalah waktunya mengakhiri konflik Palestina ini dan membangun dukungan untuk kemerdekaan Palestina serta hidup berdampingan dengan damai dan aman bersama Israel,” terangnya.

Dalam hal ini, Guterres menegaskan, bahwa PBB selalu berusaha bekerja sama dengan banyak pihak termasuk Timur Tengah serta negara-negara yang berada di kawasan untuk mendukung perdamaian antara Palestina dengan Israel.

“Menaati semua resolusi PBB, hukum internasional dan perjanjian internasional, inilah yang akan mewujudkan two state solution dan mengakhiri kependudukan ilegal di Palestina,” tegasnya. (NC)

Komentar