JAKARTA, FOKUSUTAMA.COM – Entah dianggap kurang penting atau bagaimana, banyak sekolah di Jakarta kurang memperhatikan kondisi lingkungan, khususnya terkait dengan penghijauan. Sekolah- sekolah lebih mementingkan pembangunan gedung atau ruancikini2g kelas baru dengan segala kelengkapannya, tanpa memikirkan keberadaan lahan hijau dengan segala fungsinya. Inilah yang membedakan SMK 1 Perguruan “Cikini” (Percik) dengan sekolah lain. Percik benar-benar fokus memelihara kelestarian lingkungan daripada memenuhi halaman dan pekarangannya dengan bangunan kelas sekadar untuk dapat menambah kapasitas jumlah siswa. Suasana sejuk dan nyaman terasa saat memasuki sekolah ini. Fasilitas lapangan olah raga menyediakan lapangan sepak bola, bola basket, bola volley dan bulu tangkis dengan lokasi yang berbeda-beda. Pada titik tertentu tersedia pula alat-alat senam bagi siapapun yang bermaksud menggunakannya. Tidak kalah luasnya adalah arena upacara dengan pepohonan rindang di sekelilingya yang menjamin asupan udara segar bagi 1.200 siswa yang bernaung di bawah sekolah ini. Keramahan lingkungan juga ditunjukkan dengan pengadaan parkir khusus bagi para pengendara sepeda.

Atas konsistensi dan prestasinya dalam menjaga lingkungan, baru-baru ini SMK 1 Percik (kembali) memperoleh penghargaan Adiwiyata dari Walikota Jakarta Utara sebagai sekolah yang berawasan lingkungan. Sekolah seluas 2,5 hektar yang berada di wilayah Plumpang ini memang berupaya menjaga ekosistem serta keramahan lingkungan bagi para penghuninya. Selain mendapatkan suasana alami dengan berbagai jenis burung yang bergantian terbang dan hinggap di pepohonan, keindahan sekolah juga ditata dengan deretan taman yang membentang di sepanjang koridor tengah, dilengkapi pula dengan air mancur.

Tentu saja kondisi ini membawa ketenangan dan kenyamanan bagi seluruh warga sekolah dalam mengikuti berbagai aktivitas. Itu pula yang menjadi salah satu faktor penyebab para siswa sekolah ini cenderung mengikuti kegiatan keseharian dengan hati dan pikiran yang tenang dan tertib, tidak pernah sekalipun terlibat perkelahian dengan sesama siswa SMK, terlebih berurusan dalam soal narkoba. Hingga saat ini sekolah favourite di Jakarta Utara ini juga mendapatkan kepercayaan yang tinggi dari dunia industri. Sebuah perusahaan internasional bahkan sempat merekrut para lulusan dengan jumlah yang signifikan yaitu sebesar 80 persen karyawannya merupakan lulusan SMK 1 Percik.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada Bapak Walikota Jakarta Utara atas Penghargaan ADIWIYATA ini. Hal ini akan terus memotivasi kami untuk tetap dapat menjaga lingkungan dengan baik. Penghargaan ini kami persembahkan kepada seluruh warga sekolah disertai ucapan terimakasih atas kerjasama yang baik dalam menjaga kualitas sekolah, termasuk dalam soal lingkungan”, demikian Rifat M.Pd, Kepala SMK 1 Perguruan “Cikini”. (NC)

BAGIKAN

Komentar