Prodi PBA UNJ Cetak Guru Terampil Mengajar Bahasa Arab

120
Alumni Prodi PBA UNJ yang sedang mendengarkan sosialisasi P2M, 2019. Sumber: Pribadi

FOKUSUTAMA.COM – Jakarta, Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Jakarta (Prodi PBA UNJ) melakukan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat dengan judul ‘Peningkatan Keterampilan Mengajar dan Keterampilan Bahasa Arab Alumni’. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk implementasi dari setiap kampus di Indonesia dibidang Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P2M). Kegiatan ini dilakukan oleh Tim dosen Prodi Pendidikan Bahasa Arab dengan tujuan meningkatkan kualitas alumni dalam beberapa aspek.

Suasana P2M Prodi PBA UNJ, 2019. Sumber: Pribadi
Suasana P2M Prodi PBA UNJ, 2019. Sumber: Pribadi

Prof. Dr. Zuriyati, M.Pd. selaku ketua tim pada kegiatan yang bertema ‘Sosialisasi Model Penilaian Pembelajaran Membaca pada Alumni Bahasa Arab’ yang diselenggarakan hari Sabtu (21/09) menjelaskan bahwa tujuan pemilihan tema yang ia diangkat dalam P2M untuk memberikan pemahaman dan pengetahunan serta memberikan pelatihan kepada alumni PBA UNJ yang menjadi guru di area Jakarta dan sekitarnya untuk mampu membuat dan mengembangkan model penilaian keterampilan membaca dalam pembelajaran bahasa Arab.

Selain itu, Drs. Mohammad Aziz Ritonga, M.Ag. juga menjelaskan dalam kesempatannya selaku ketua tim pada kegiatan bertemakan ‘Peningkatan Kualitas Kemampuan Mengajar Alumni Bahasa Arab Dan Teknik Pengajaran Membaca‘ di Gedung E, Kampus A UNJ.

Tujuan kami mengadakan kegiatan ini, selain dalam rangka wujud nyata kami dibidang pengabdian masyarakat, juga untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan tentang bagaimana membuat indikator keterampilan dasar mengajar serta model pembelajaran bahasa Arab yang interaktif.“, ujar Aziz.

Dosen sekaligus mantan Ketua Prodi PBA UNJ, Dr. Romdani, M.Pd. juga ketua tim dosen yang bertemakan ‘Peningkatan Profesionalisme Guru Indonesia di Sekolah Indonesia Jeddah Saudi Arabia melalui Penerapan Tren Baru Pembelajaran Bahasa‘ yang diselenggarakan bersama Sekolah Indonesia Jeddah (SIJ) ini menjelaskan bahwa tujuan beliau pada kajian profesialisme guru yaitu memberikan pemahaman dan pengetahuan tentang tren baru dalam pembelajaran bahasa kepada guru-guru di Indonesia agar dapat mengimplementasikan agar terjadinya peningkatan proses dan capaian pembelajaran di SIJ.

Dr. Fatwa Arifah, MA.Pd. salah satu dosen PBA UNJ sekaligus ketua tim P2M Prodi PBA UNJ
Dr. Fatwa Arifah, MA.Pd. dosen PBA UNJ sekaligus ketua tim P2M Prodi PBA UNJ. Sumber: Pribadi.

Fatwa Arifah, dalam kesempatannya juga mengatakan bahwa kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang ia lakukan bersama tim dosen tersebut merupakan kegiatan pengganti yang seharusnya dilakukan di wilayah Jakarta Utara. Adapun tema yang ia angkat yaitu “Keterampilan Dasar Mengajar Bahasa”, Fatwa menyebutkan bahwa kegiatan peningkatan kualitas keterampilan dasar mengajar kepada alumni berdasarkan temuan hasil penelitian yang ia lakukan yang merekomendasikan perlunya peningkatakan kualitas keterampilan dasar mengajar bahasa Arab kepada alumni prodi PBA UNJ.”. Kegiatan ini perlu dilakukan dalam rangka meningkatkan kualitas kompetensi pegadogik melalui keterampilan dasar mengajar guna menciptakan pembelajaran bahasa Arab yang lebih berkualitas” sebutnya.

P2M merupakan salah satu kewajiban setiap perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Berdasarkan Pasal 20 ayat (2) Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas), perguruan tinggi berkewajiban menyelenggarakan dan mengembangkan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, di samping pendidikan demi kemajuan bangsa dan negara.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini diikuti oleh alumni PBA UNJ yang memiliki pengalaman mengajar di sekolah. kegiatan pengabdian yang telah dilakukan ini memiliki relevansi dengan kebutuhan para alumni PBA UNJ di masyarakat. Selain itu, ini diharapkan para alumni PBA UNJ dapat meningkatkan pengetahuan dan informasi terupdate yang terjadi di kalangan masyarakat dan peran alumni PBA UNJ dapat lebih dioptimalkan sebagai pengajar di lingkungan sekolah dan masyarakatnya. (RG)

Komentar