Mapancas Sebut Pancasila Mengandung Nilai Dasar, Nilai Instrumental dan Nilai Praksis

69

Mahasiswa Pancasila (Mapancas) mengatakan, Pancasila sebagai ideologi negara mengandung nilai-nilai, yakni; nilai dasar, nilai instrumental, dan nilai praksis. Dalam nilai-nilai dasar Pancasila itu bersifat universal, tetap dan tidak berubah.

“Nilai dasar Pancasila itu, pertama; Ketuhanan Yang Maha Esa, kedua; Kemanusiaan yang adil dan beradab, ketiga; Persatuan Indonesia, Empat; Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan, lima; Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia,” kata Sekretaris Mapancas Kota Tangerang Qaffa, dalam diskusi Peringatan Hari Pers Nasional, di Kampus UIN Ciputat, pada Minggu (09/02/2020).

Selain nilai dasar, Ia juga menjelaskan nilai instrumental dari Pancasila. Nilai instrumental itu Pancasila sebagai negara menjiwai peraturan tiap perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.

“Perwujudan nilai instrumental umumnya berbentuk peraturan, mulai undang-undang dasar hingga peraturan daerah,” jelasnya.

Qaffa menambahkan, dari nilai dasar dan instrumental akan melahirkan nilai praksis. Ia juga menerangkan, nilai praksis merupakan bentuk konkret dari nilai-nilai instrumental dalam kehidupan sehari-hari.

“Nilai praksis senantiasa berubah dan berkembang sesuai zaman dan perubahan dalam masyarakat,” pungkas Qaffa.

BAGIKAN

Komentar