Keren! Khatib Jumat Masjid As Shabah Kampus UIM Pakai Bahasa Asing

346

MAKASSAR, FOKUSUTAMA.com – Selama ini, kita hanya biasa mendengar khutbah salat Jumat menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa lokal. Sangat jarang bahkan bisa dibilang belum pernah ada khutbah Jumat di Indonesia dengan menggunakan bahasa asing dalam hal ini bahasa Inggris.

Namun, Masjid As Shabah Universitas Islam Indonesia Makassar (UIM) melakukan hal yang tak biasa itu. Dalam salat Jumat hari ini, sang khatib yang diketahui bernama Harly Yudha Priyono justru menggunakan bahasa Inggris.

Hal ini langsung menuai kekaguman dan ketertarikan dari para jamaah. Jamaah mengaku salut dengan sang khatib karena baru kali ini ada khutbah menggunakan bahasa Inggris.

“Baru kali ini mendengar langsung ada khutbah yang menggunakan bahasa asing (inggris). Salut dengan khatibnya,” ujar salah satu jamaah bernama Anas pada Jumat (14/7/2017).

Ia pun berharap agar hal seperti ini terus dilakukan sehingga dapat memacu para generasi muda untuk belajar bahasa Inggris.

“Saya berharap khutbah seperti ini sering dilakukan untuk memacu generasi muda kita untuk belajar bahasa asing,” harapnya.

Potongan video khutbah berbahasa Inggris itu pun mendadak menjadi viral di berbagai group aplikasi perpesanan berbasis data WhatsApp. Dalam khutbahnya, Harly membahas terkait dengan Syariah, Thariqoh, Hakikat dan Makrifat dalam Islam.

Berikut transkrip lengkap yang sudah diterjemahkan dalam potongan video yang viral.

Syariah yakni Al-qur’an dan sunnah, bersumber dari Allah swt dan diberikan kepada nabi Muhammad.

Thariqoh adalah metode, bagaimana menjalankan syariah sebagaimana yang ajarkan/dicontohkan Nabi Sallallahu alaihi wassallam.

Hakikat, karena sesuai antara syariat dan thariqoh maka kita berada pada poin hakikat. Yakni keseimbangan hidup karena sejalan antara syariah dan thoriqohx.

Ketika secara continue kita mampu menjalankan hal tersebut maka masuklah kita pada poin Makrifat, yakni kedekatan seorang hamba dan Allah swt. (ET)

BAGIKAN

Komentar