JAKARTA, FOKUSUTAMA.COM – Kepergian Neymar dari Barcelona, menurut Messi malah membuat pertahanan Barca lebih kukuh.

Sejauh ini hingga pekan ke-12 La Liga, Barca mencatat hasil yang gemilang dengan memetik 11 kemenangan dan sekali imbang. Selain itu, pertahanan Barca hanya empat kali kebobolan.

“Messi: tangguhnya pertahanan Barca lantaran kepergian Neymar ke Paris Saint-Germain”

Messi menjelaskan, tangguhnya pertahanan Barca lantaran kepergian Neymar ke Paris Saint-Germain. Hal ini membuat pelatih Ernesto Valverde mampu membuat skema yang lebih seimbang. Dan ini berdampak ke lini pertahanan.

“Kepergian Neymar sudah membuat kami mengubah cara bermain. Kami kehilangan potensi yang amat besar di lini serang, namun hal tersebut juga membantu kami untuk fokus di sisi pertahanan,” ungkap Messi kepada Marca.

“Saat ini, kami jauh lebih kuat di lini tengah, kami bermain dengan lebih terorganisir dan hal tersebut membuat kami lebih kuat ketika bertahan,” terangnya.

Jika merujuk data dalam 12 laga pertama Barca di La Liga sejak kedatangan Neymar di musim 2013/2014, catatan kebobolan musim ini memang lebih baik. Sebelumnya Blaugrana kebobolan sebanyak 7 gol, 6 gol, 12 gol, dan 13 gol di 12 laga awal La Liga selama ada Neymar.

Di ajang Liga Champions musim ini, Barca baru kebobolan satu gol dalam lima laga. Satu-satunya tim yang mampu mencetak gol ke gawang Barca baru Olympiakos. (NC)

Komentar