Kedatang Kim Joung Un ke Korsel, Ini Reaksi Moon Jae-in

52
Pemimpin Korsel Sambut Baik kedatangan Kim Jong Un

PANMUNJOM, FOKUSUTAMA.COM – Presiden Korea Selatan Moon Jae-in dan Presiden Korea Utara Kim Jong Un berjabat tangan di Garis Demarkasi Militer yang memisahkan kedua negara itu, Jumat (27/4).

“Moon menyambut baik kedatangan KIM KE KOREA SELATAN,”

Dalam kunjungan Kim ke Korea Selatan, Moon menyambut baik kedatangannya. Sebelum melangkah menuju karpet merah Peace House atau Gedung Perdamaian di Panmunjom, kedua Presiden itu saling melangkahkan kaki di perbatasan ke dua negara itu.

Kunjungan Kim merupakan rangkaian sejarah karena semenjak perang Korea berakhir, Ia pemimpin Korut pertama yang berkunjung ke Korsel untuk membicarakan tiga agenda utama, yakni denuklirisasi di semenanjung Korea, perdamaian, dan peningkatan hubungan bilateral.

Saat pembicaraan dimulai, Kim mengungkapkan, perasaannya saat melewati garis perbatasan. Selain itu, Ia ingin melukiskan lembaran baru dalam hubungannya dengan Korsel.

“Saat berjalan ke sini, saya pikir kenapa sulit mencapai wilayah ini? Ternyata garis pemisah tidak begitu tinggi untuk dilewati. Mudah sekali untuk melewati garis itu,” kata Kim kepada Moon dan pejabat lainnya.

Setelah selesai berbicara, Moon menanggapi dengan penuh apresiasi.

“Selama tujuh dekade terakhir, kami tidak dapat berkomunikasi, jadi saya pikir kita bisa berbicara sepanjang hari ini”, terang Moon. (RR)

Komentar