Kartu BPJS Anda Asli atau Aspal? Gak Perlu Pusing, Begini Cara Memeriksanya!

1683

FOKUSUTAMA.com – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan menyiapkan Aplikasi BPJSK untuk memudahkan para anggotanya mengecek atau memeriksa keaslian kartu BPJS yang dimiliki. Aplikasi ini diluncurkan untuk mencegah adanya oknum nakal yang ingin memalsukan kartu anggota BPJS Kesehatan.

Pasalnya,  sudah ada contoh kasus oknum nakal yang menipu ratusan warga di Desa Kertajaya, Kabupaten Bandung Barat (KBB) dengan cara memalsukan kartu. Hal ini diketahui setelah salah satu warga hendak menggunakan kartu tersebut di rumah sakit terdekat untuk berobat. Alangkah kagetnya, kartu yang didapat dari desa tersebut palsu.

Penipuan semacam ini bisa juga terjadi di tempat-temat lain. Itu sebabnya, pihak PBJS Kesehatan, melalui website pribadinya menghimbau agar masyarakat Indonesia senantiasa berhati-hati.

Untuk menghindari pemalsuan tersebut, kini anggota BPJS bisa memeriksa keaslian kartu yang dimiliki melalui aplikasi BPJSK yang dapat diunduh secara gratis melalui Google Play Store (Android).

Tips lain yang dapat dilakukan oleh calon anggota BPJS adalah tidak menggunakan jasa calo pada saat mau mendaftarkan diri sebagai anggota BPJS. Para calon peserta diharap langsung mendatangi Kantor BPJS Kesehatan terdekat di daerahnya masing-masing atau hubungi call center BPJS Kesehatan di 1500 400 (24 jam).

Bila kartu yang anda gunakan palsu, maka secara otomatis nama dan nomor kartu keanggotaan anda tidak terbaca dalam master file BPJS Kesehatan. Bahkan, untuk melihat semua anggota BPJS Kesehatan, kini sudah bisa melalui online, yaitu melalui website resminya: www.bpjs-kesehatan.go.id. Fitur ini juga bisa memperlihatkan data anggota secara lengkap dengan anggota keluarganya yang juga ikut dalam BPJS Kesehatan. (wa)

BAGIKAN

Komentar