JAKARTA, FOKUSUTAMA.COM – Pemenang di empat dari lima kelompok lomba diikuti oleh perwakilan Indonesia. Hanya posisi juara 1, yaitu di kelompok Musabaqah Hafalan Quran (MHQ) 15 juz, yang diambil peserta dari Filipina
Indonesia berhasil menjuarai lomba Musabaqah Hafalan Quran dan Hadits, Pangeran Sultan bin Abdul Aziz tingkat Asia pasifik ke-VII. Dari lima kelompok yang ada dalam lomba tersebut, Indonesia berhasil keluar sebagai juara pertama di empat kelompok.

“Indonesia berhasil menjuarai lomba Musabaqah Hafalan Quran dan Hadits, Pangeran Sultan bin Abdul Aziz tingkat Asia pasifik ke-VII”

Dalam perlombaan tersebut, memberlakukan lima kelompok yakni; MHQ 10 juz, MHQ 15 juz, MHQ 20 juz, MHQ 30 juz, dan Musabaqah Hafalan Hadits Nabawi (MHHN).
Pemenang dalam lomba itu, akan mendapatkan hadiah berupa uang pembinaan dalam bentuk riyal Arab Saudi. Selain uang, beberapa pemenang mendapat undangan untuk menjalankan ibadah haji.
Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama, Machasin mengatakan, kegiatan tersebut (MHQH) tidak hanya sebatas ajang perlombaan saja. Ia pun menjelaskan momen ini bisa dijadikan ajang silaturahim demi menguatkan persatuan negara-negara berpenduduk Muslim, sekaligus mewujudkan perdamaian.
“Apa pun itu, mari kita kedepankan prinsip persatuan, prinsip ukhuwah. Lantaran visi paling utama Baginda Rasul Muhammad SAW yaitu visi rahmah, jadikan Islam sebagai agama kasih sayang untuk semesta alam, ” ujar Machasin, diambil dari laman kemenag.go.id, Jumat, 22/04/2016.
Ditjen Bimas Islam itu mengatakan dunia saat ini mengalami pergantian yang teramat cepat. Ia berharap umat Islam memegang teguh nilai-nilai Islam serta spirit Alquran.
Acara pun di hadiri beberapa tokoh nasional, seperti Imam Besar Masjid Istiqlal M Nazaruddin Umar, Bekas Menteri Agama Maftuh Basyuni. Ada juga Pangeran Khalid bin Sultan bin Abdul Aziz Al Saud yang menyerahkan hadiah, didampingi petinggi Kedutaan Besar Arab Saudi untuk Indonesia dan Atase Agama Saudi untuk Indonesia.
Daftar pemenang MHQH se-Asia Pasifik :
1. Kelompok MHQ 10 juz
Juara 1 : Lantas Muhammad Khoirur Razak (Indonesia) dengan nilai 191, 50.
Juara 2 : Muhammad Rifai Al Banna (Indonesia) dengan nilai 191,
Juara 3 : Mudroni (Indonesia) dengan nilai 186.
2. Kelompok MHQ 15
Juara 1 : Amiruddin Abdullah Hasan (Filipina) dengan nilai 186.
Juara 2 : Aston Hamadi Siregar (Indonesia) dengan nilai 185, 75,
Juara 3 : M Fakhrurrazi Zamzami (Indonesia) dengan nilai 185, 50.
3. Kelompok MHQ 20 juz
Juara 1 : Ukayani (Indonesia) dengan nilai 190, 50.
Juara 2 : Muhammad Sulthon An Nasiro Bahrun (Indonesia) dengan nilai 190, 25,
Juara 3 : Syasri Muhammad Usni (Malaysia) dengan nilai 187, 25.
4. Kelompok MHQ 30 juz
Juara 1 : Muhammad Sholahuddin Al Ayyubi (Indonesia) dengan nilai 195, 50.
Juara 2 : Mohammed Ali Abdullah Abdel Kader (Australia) dengan nilai 192, 50,
Juara 3 : Muhammad Syazani bin Jemi (Malaysia) dengan nilai 188, 25.
5. Kategori MHHN,
Juara 1 : Ikhwan Kamilin (Indonesia) dengan nilai 149.
Juara 2 : Djakwan Aisy Fajar Azhari (Indonesia) dengan nilai 147,
Juara 3 : Muhammad Ridho Wirandi (Indonesia) dengan nilai 143. (NC)
BAGIKAN

Komentar