Hanafi Rais: Pancasila Selaras Dengan Nilai-Nilai Agama Islam

120

FOKUSUTAMA.COM – Pada tanggal 18 Februari 2020 sosialisasi 4 pilar kebangsaan diadakan oleh A. Hanafi Rais, SIP., MPP yang merupakan anggota MPR RI periode 2019-2024. Sosialisasi ini dilaksanakan sebagai salah satu tugas Anggota MPR RI untuk terus mensosialisasikan nilai-nilai 4 pilar kebangsaan kepada konstituen di daerah pemilihan, khususnya di dapil Hanafi Rais yaitu daerah istimewah Yogyakarta, lebih tepatnya di gedung Bina Manggala Kauman, Gondomanan, Kota Yogyakarta. Topik yang diangkat untuk sosialisasi kali ini adalah pancasila selaras dengan nilai-nilai agama islam.

Agama dan Pancasila merupakan dua hal yang melekat dalam nilai kultur masyarakat Indonesia. Kedua hal itu merupakan dua hal yang sama sekali tidak bertentangan karena nilai-nilai agama sudah ada dalam sila-sila Pancasila. Para tokoh-tokoh islam yang mewakili ummat islam menjadi penentu kompromi dalam piagam Jakarta, sehingga adanya sila pertama  “Ketuhanan yang maha Esa”  yang implementasinya ada di undang-undang dasar pasal 29 ayat 1 “Negara berdasarkan Ketuhanan yang Maha Esa” jadi bernegara kita berdasarkan Ketuhanan yang maha Esa,  lalu kemudian di pasal 29 ayat 2 di jelaskan lebih rinci lagi tentang beragama “negara menjamin kemerdekaan tiap- tiap penduduk untuk memeluk agamanya”.

Dalam islam terdapat nilai persamaan derajat sesama manusia hal ini sangat sesuai dengan sila kedua kemanusian yang adil yang beradab. Kemudian di sila ketiga Persatuan Indoneisa , sama dengan yang ad di islam yang dinama “Ukhuwah” prinsip ukhuwah ini di tekankan dalam kepada muslimin dan muslimat berdasarkan Firman Allah Swt dalam surat Hujurat ayat 13. Dan selanjutnya di sila ke empat bermusyawrah untuk mufakat mendahulukan kepentingan Masyarat dan negara.

Dalam Islam, prinsip musyawarah terdapat dalam surat Asy-Syuura ayat 38. Al Quran menegaskan perkara apapun yang menyangkut dalam kebaikan, baik mengenai persoalan rumah tangga, persoalan kepemimpinan dan politik, harus diselesaikan dengan jalan musyawarah. Dan terakhir sila kelima keadilan sosial yang terdapat pula  surat An-Nahl ayat 90, “Sesungguhnya Allah menyuruh kamu berlaku adil dan berbuat kebijakan, memberi kepada kamu kerabat, dan Allah  melarang dari perbuatan keji, kemungkaran dan permusuhan. Dia memberi pengajaran kepadamu agar kamu dapat mengambil pelajaran.” Dan surat  Al-Ma’idah ayat 8, “Dan janganlah kebencianmu terhadap suatu kaum membuatmu tidak berlaku adil.” Inilah nilai-nilai Pancasila berdasarkan Islam. (ed)

 

 

BAGIKAN

Komentar