Dream To Be Success; Sebuah Motivasi Untuk Siswa SMP Perguruan “Cikini”

319
smp percik

JAKARTA, FOKUSUTAMA.com – Tugas utama seorang siswa adalah belajar, menuntut ilmu. Semakin banyak atau semakin dalam seseorang memiliki ilmu pengetahuan, artinya semakin banyak pilihan pula disiplin ilmu untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Pada era sekarang ini pilihan bidang keahlian semakin banyak berkembang, khususnya melalui jalur SMK (Sekolah Menengah Kejuruan). Program keahlian yang ditawarkan cukup beragam, mulai dari bisnis, automotif, komputer, tata boga, farmasi sampai dengan berbagai bidang ilmu seni. Kesemuanya menawarkan masa depan yang baik sepanjang diikuti dengan serius. Untuk pendidikan umum (SMA) menyediakan 2 (dua) pilihan yaitu IPA dan IPS, mengingat para lulusan SMA dipersiapkan untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang perguruan tinggi yang mengakomodir pilihan bidang ilmu sesuai peminatan masing-masing. Tidak masalah mau melanjutkan pendidikan ke SMA atau SMK sepanjang semua direncanakan dengan baik dalam upaya mencapai cita-cita masing-masing.

3

Justru problema yang seringkali muncul adalah motivasi siswa untuk lebih giat belajar menuntut ilmu. Dewasa ini kondisi lingkungan banyak mempengaruhi siswa dan seringkali membuat bermalasan belajar. Berbagai fasilitas seperti gugdet, hand phone, game dan sejenisnya membuat siswa lebih nyaman bermain ketimbang membaca buku atau latihan menjawab soal-soal matematika maupun pelajaran lainnya. Itu adalah tantangan yang terjadi di masa kini. Sebuah tantangan yang harus dijawab dengan langkah konkrit agar para siswa sebagai generasi muda benar-benar memiliki kapabelitas yang memadai dalam menentukan masa depan bangsa ini. Salah satu hal yang diperlukan untuk mengembalikan minat belajar siswa adalah dengan memberikan motivasi. Hal inilah yang dilakukan SMP Perguruan “Cikini” (Percik) untuk membangkitkan semangat para siswa/i agar belajar lebih giat dalam mengejar cita-cita. Belajar mempunyai arti penting bagi seorang siswa. Dengan belajar siswa memperoleh suatu perubahan tingkah laku dalam interaksi dengan lingkungannya yang meliputi aspek kognitif, afektif, dan psikomotor. Dalam memberikan motivasi, Percik bahkan menyekenggarakan Seminar Motivasi bagi siswa/i. Program ini berjalan setiap bulan dan wajib diikuti oleh seluruh siswa. Pembicara yang dihadirkanpun bermacam-macam, mulai dari Orangtua siswa, Motivator ternama, Lembaga Swadaya Masyarakat, Badan Narkotika Nasional, dan lain-lain. Salah satu thema seminar yang cukup menarik adalah “Motivasi Menuju Sukses”. Maksud dan tujuan dari motivasi kali ini adalah untuk memberikan pengetahuan kepada siswa tentang pentingnya memotivasi diri sejak dini dengan tujuan untuk mencapai kesuksesan di masa depan. Kepada para siswa ditanamkan mindset bagaimana berpikir positif dengan melihat potensi diri sendiri serta mengembangkannya dengan terus berjuang mencapai prestasi tanpa menyerah.

2Seminar juga diselingi game/ permainan yang dijadikan sebagai ice breaking agar siswa lebih memahami makna motivasi menuju sukses melalui simulasi sederhana. Tujuan lain diadakan game saat seminar ini adalah untuk menarik minat siswa serta menghilangkan rasa jenuh. Permainan yang diberikan antara lain mematahkan pensil, menulis cita-cita dalam bentuk gambar serta game menarik lainnya. Program ini mendapat respons yang positif dari para siswa. Diharapkan melalui program ini para siswa memiliki semangat yang lebih tinggi untuk belajar menuntut ilmu, guna mencapai cita-cita yang tinggi.

BAGIKAN

Komentar