Dosen Pendidikan Bahasa Arab UNJ Kembangkan Video Pembelajaran

60

FOKUSUTAMA.COM, Jakarta – Bahasa Arab sebagai bahasa yang juga banyak dipelajari oleh pelajar maupun mahasiswa di Indonesia, kini dapat diakses melalui media video pembelajaran. Selain aksesnya yang terbilang cukup mudah, video pembelajaran dapat divariasikan sesuai kebutuhan pembelajaran. Bahkan tidak jarang para akademisi di Indonesia kini melirik video sebagai media pembelajaran yang strategis dalam upaya industri 4.0.

Dr. Siti Jubaidah, M.A. atau yang akrab disapa Ibu Jubed adalah salah satunya. Dosen Bahasa Arab Universitas Negeri Jakarta ini mengembangkan pembelajaran bahasa Arab dengan video sebagai mediumnya. Ibu Jubed bersama mahasiswanya mengembangkan metode pembelajaran tersebut dihadapan para mahasiswanya di Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Jakarta (Prodi PBA UNJ).

Tema yang diangkat yaitu ‘Pengembangan Video Pembelajaran “Animasi Bahasa Arab” pada Mata Kuliah Kalam Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Jakarta’ melibatkan mahasiswa PBA UNJ untuk melakukan pembelajaran dengan video sebagai medianya. Kegiatan ini medapatkan respon yang cukup positif dari para mahasiswa

Adapun kegiatan ini dilakukan dalam rangka salah satu tugas universitas yaitu Pengabdian Masyarakat. Kegiatan Pengabdian Masyarakat dilakukan sesuai amanah UU No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas). Perguruan tinggi berkewajiban menyelenggarakan dan mengembangkan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, disamping pendidikan demi kemajuan bangsa dan negara.

Kegiatan ini sangat relevan dengan kemajuan industri 4.0, dengan memanfaatkan video sebagai media pembelajaran. Selain itu, diharapkan metode ini dapat dikembangkan serta dapat dimanfaat serta dapat diterapkan dalam pembelajaran serta kehidupan sehari-hari. (RG)

BAGIKAN

Komentar