Dirikan Graha Yakusa, Muhlis Ali: Ini Bentuk Kontribusi Untuk Gerakan Kepemudaan

113

90 menit ditempuh dari kota Malang, ada sebuah graha yang diperuntukkan untuk mahasiswa atau pemuda melakukan aktualisasi. Graha bernama Graha Yakusa ini berada di Malang Selatan, tepatnya di desa Banjarejo, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang.

Adalah seorang Muhlis Ali yang membangun pusat pendidikan dan pelatihan (pusdiklat) tersebut. Sesuai dengan namanya, Muhlis Ali mendirikan itu dengan tujuan ingin memfasilitasi para aktivis mahasiswa atau kepemudaan untuk melakukan aktivitas keorganisasinya, seperti pendidikan keorganisasian, pelatihan-pelatihan keterampilan, training kepemimpinan, rapat kerja dan aktifitas bermanfaat yang lain.

Pria yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Himpunan Generasi Muda Madura (HIGEMUA) tersebut merupakan seorang aktivis yang sudah berpengalaman di berbagai organisasi kemasyarakatan, kepemudaan, kemahasiswaan dan keagamaan di tingkat daerah maupun di tingkat nasional.

“Sebagai senior diberbagai organisasi kemahasiswaan dan kepemudaan saya berkomitmen untuk terus membantu aktivitas-aktivitas organisasi yang menyiapkan calon pemimpin bangsa untuk generasi yang akan datang,” ujar Muhlis.

Pria yang juga merupakan mantan Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI) tersebut mengatakan, seluruh aktivitas masyarakat terutama pemuda dan mahasiswa terutama dalam perbaikan sumber daya manusia harus dibantu dan difasilitasi. Sebab mereka merupakan aset yang sangat diharapkan sumbangsihnya bagi kelangsungan kehidupan berbangsa.

“Oleh karena itu  kepentingan kita jelas, yakni mencerdaskan kehidupan berbangsa dan bernegara,” tegasnya.

Lebih lanjut dia mengatakan bahwa selanjutny di lokasi tersebut juga akan dilaksanakan berbagai macam kegiatan pendidikan dan pelatihan serta peningkatan kualitas sumberdaya manusia.

“Dalam waktu dekat, ini sedang dibuat kurikulum nya, kita akan mengadakan sekolah kepemimpinan, sekolah politik dan sekolah ekonomi kreatif yang diperuntukkan bagi pemuda,”  jelasnya.

Sementara itu, Fahmi Aziz, pengelola pusdiklat Graha Yakusa menjelaskan berbagai macam aktivitas organisasi kemahasiswaan maupun kepemudaan telah banyak dilaksanakan ditempat ini. Selain memang tempatnya yang strategis dan fasilitas penunjangnya yang cukup lengkap. Gedung yang berdiri diatas tanah sekitar satu hektar ini juga tidak menetapkan tarif kepada pengurus atau panitia yang menyelenggarakan kegiatan.

“Ini merupakan angin segar bagi kita yang sedang berproses di organisasi ekstraa kampus. Di tengah keterbatasan finansial dan sulitnya untuk mencari lokasi training yang ada di Malang hari ini, Graha Yakusa dibawah pimpinan bang Muhlis Ali ini mampu menjawabnya,” paparnya.

“Bagi kami ini sangat membantu karena mampu memfasilitasi kebutuhan organisasi kepemudaan dan kemahasiswaan,” sambung Fahmi. (TYL)

BAGIKAN

Komentar