Desy Ratnasari: Setiap Sila Pancasila Harus Diamalkan Dalam Kehidupan

38

Anggota MPR RI, Fraksi PAN, Hj. Desy Ratnasari, M.Si., M.Psi melaksanakan Sosialisasi MPR RI di Hotel MaxOne Kota Sukabumi dengan Tema “Bhinneka Tunggal Ika Dalam NKRI”. Kali ini beliau mengajak peserta dari Angkatan Muda Siliwangi (AMS) Kab. Sukabumi dan Keluarga Besar Putra Putri Polri (KBPPP) Kota/Kab. Sukabumi untuk memahami akan pentingnya arti kebhinekaan dalam kehidupan sehari hari.

Desy menyampaikan wujud Bhinneka Tunggal Ika dalam NKRI adalah dimulai sejak jaman penjajahan dimana para pemuda berbagai suku dan bangsa di Indonesia bersatu dan berjuang melawan penjajah, dan setelah merdeka mereka tetap bersatu menjaga kedaulatan negera Republik Indonesia dan kemudian membentuk organisasi perjuangan yang menjadi corong bagi masyarakat Indonesia, dengan melancarkan propaganda propaganda perlawanan terhadap penjajah.

IMG-20170617-WA0006

Desy berharap di era saat ini dapat menghadirkan kembali semangat tersebut, semangat dalam menegakkan Bhinneka Tunggal Ika, menjalankan apa makna yang tertuang dalam semboyan tersebut dan mengamalkannya dalam kehidupan sebagai simbol bahwa bangsa Indonesia yang berbeda beda suku, bahasa, ras dan keyakinan dapat selalu bersatu untuk bangsa Indonesia.

Desy menyampaikan jika Pancasila itu penting dalam kehidupan sehari hari karena setiap sila yang terkandung didalamnya sarat akan makna kehidupan. Contoh yang saat ini terjadi bahwa SARA bisa menjadi pemicu perpecahan di Indonesia, namun toleransi harus selalu kita pupuk dan menjadi suatu keharusan bagi seluruh masyarakat Indonesia untuk mewujudkannya.

“Kita tentunya sadar, menjadi Pancasila namun menjadi tidak toleran dilingkungan sekitar kita tentunya dapat membuat kegaduhan yang tidak seharusnya terjadi, itulah sebabnya bangga menjadi bangsa Indonesia yang berpegang teguh pada pancasila harus selalu diwujudkan”, jelasnya. (GR)

BAGIKAN

Komentar