BPJS Ketenagakerjaan Cilincing Gelar Edukasi Pasar Rakyat, Diikuti 200 Pelaku Usaha

1753
Petugas BPJS Ketenagakerjaan sedang didatangi para pelaku usah untuk menjadi peserta dan bertanya tentang informasi jaminan sosial ketenagakerjaan.

FOKUSUTAMA.COM – Kantor Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Cilincing, Jakarta Utara menggelar sebuah kegiatan Edukasi Pasar Rakyat di Pasar Malaka Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara, Minggu (31/7/2016).

Digelarnya kegiatan tersebut diketahui bertujuan untuk melindungi para pedagang pelaku pasar terhadap kecelakaan kerja, nampak sejumlah pedagang di Pasar Malaka Rorotan berkerumun di salah satu konter yang didirikan oleh BPJS Ketenagakerjaan Cabang Cilincing. Sejumlah pedagang nampak sibuk melakukan pendaftaran maupun bertanya terkait keuntungan menggunakan jasa dari BPJS Ketenagakerjaan.

Pihak BPJS Ketenagakerjaan Cabang Cilincing juga tak hanya disibukkan melayani pedagang dan masyarakat yang melakukan pendaftaran, bahkan kewalahan menghadapi beberapa pertanyaan mereka terkait penggunaaan BPJS Ketenagakerjaan.

Beberapa karyawan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Cilincing pun menata mereka yang para pedagang sayur mayur dan berbagai macam pedagang untuk satu persatu antre untuk melakukan pendaftaran.

Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Cilincing,  Deny Yus Yulian beserta Wali Kota Jakarta Utara, Wahyu Hariyadi pun turut serta hadir dalam kegiatan tersebut.

“Intinya kegiatan edukasi pasar ini bertujuan untuk melindungi para pedagang dan pelaku pasar, di Pasar Malaka Rorotan. Acara ini diselenggarakan oleh BPJS Ketenagakerjaan Cabang Jakarta Cilincing. Kami pun akan memberikan sembako bagi siapa yang mendaftarkan diri menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan,” ungkap Deny di lokasi.

Ia mengaku, terhitung sekitar 200 pedagang mengunjungi konter BPJS Ketenagakerjaan untuk melakukan pendaftaran, maupun untuk bertanya tentang informasi jaminan sosial ketenagakerjaan.

Deny menjelaskan, kegiatan acara edukasi pasar rakyat, selanjutnya akan diadakan di Pasar Lorong 103 Jakarta Utara.

“Kegiatan ini saya sangat berharap, semoga bisa membangun kesadaran pedagang akan pentingnya jaminan sosial ketenagakerjaan,” dan kami akan terus membuat kegiatan acara edukasi pasar rakyat, selanjutnya akan diadakan di Pasar Lorong 103 Jakarta Utara, ucap Deny.

Sementara itu, Wahyu Hariyadi selaku Wali Kota Jakarta Utara mengapresiasi penuh akan kegiatan edukasi pasar rakyat tersebut. Selain mendukung, ia berpendapat kegiatan yang merupakan program pemerintah dalam bentuk perlindungan itu, terbilang sangat dibutuhkan untuk para pekerja dan pedagang.

“Saya betul-betul sangat mendukung kegiatan ini, sebab, BPJS Ketenagakerjaan ini kan program pemerintah dalam bentuk perlindungan untuk seluruh pekerja. Bahkan pedagang pun bisa mendaftarakan diri melalui BPJS. Melalui kegiatan ini saya berharap sekali, semua pelaku usaha di Pasar Rorotan untuk segera mendaftarkan diri. Ini sangat penting sekali untuk melindungi dirinya dari resiko yang muncul saat sedang bekerja,” papar mantan Wakil Wali Kota Jakarta Utara tersebut.

Salah seorang pelaku usaha di Pasar Malaka Rorotan, Hikmat (35) mengaku tak begitu tahu penggunaan jaminan sosial dari BPJS Ketenagakerjaan. Setelah mengetahui sistem yang dikeluarkan melalui program jaminan sosial dari pemerintah ini, dijelaskan Hikmat sangat membantunya jikalau dirinya mengalami kecelakaan kerja.

“Kegiatan ini betul-betul buat saya menjadi paham dengan menggunakan jasa program pemerintah yang sifatnya perlindungan jaminan sosial seperti ini. Meringankan juga untuk keluarga serta masa depan saya ya. Setidaknya, tak ada salahnya untuk mendaftarkan diri. Bukan karena sembakonya, tapi kegunaannya begitu penting buat saya,” ucapnya.

Komentar