Bos Seven Eleven Indikasikan Tanggalkan Jabatan

906
Ilustrasi

FOKUSUTAMA.COM – Pendiri yang juga bertindak sebagai Komisaris sekaligus Presiden Direktur Seven & I Holdings Co Ltd, Toshifumi Suzuki, mengungkapkan niatnya untuk mengundurkan diri dari perusahaan yang selama ini telah dibesarkan dan membesarkannya. Hal ini cukup mengagetkan mengingat Suzuki telah berkiprah lebih dari 40 tahun di perusahaan ritel tersebut.

Seperti beritakan Reuters, Kamis (7/4/2016), pria berumur 83 tahun itu akan mundur karena merasa bertanggung jawab atas gagalnya perombakan dewan direksi ritel pemegang merek Seven Eleven tersebut.

Untuk diketahui, situasi di manajemen peritel yang tokonya tersebar begitu banyak di Jakarta itu akhir-akhir ini sedang memanas. Pasalnya, investor mereka Daniel Loeb, menyindir Suzuki akan memberikan posisi penting kepada anaknya. Sedangkan Loeb mengusulkan Ryuichi Isaka, CEO Seven Eleven, untuk menjadi pengganti Suzuki. Sayangnya, usulan ini ditolak oleh 15 dewan komisaris yang dipimpin oleh Suzuki. Penolakan ini menjadi hal yang tidak lazim di Jepang, karena biasanya justru mengangkat orang lama yang bekerja di perusahaan.

Sampai saat ini belum jelas siapa yang akan menggantikan Suzuki setelah ia mengundurkan diri. Namun jika pengunduran diri Suzuki benar-benar terjadi, maka ini jadi kemenangan besar bagi Loeb.

Untuk diketahui, gara-gara kisruh tersebut saham Seven & I hari ini anjlok 8,6%. Sahamnya ditutup turun 1,6% di tengah pasar saham yang naik 0,2%. (NE)

SUMBERDetik.com
BAGIKAN

Komentar