BMKG: Cuaca Buruk Landa Indonesia Hingga 30 September

1095

JAKARTA, FOKUSUTAMA.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat Indonesia mewaspadai potensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang mulai hari ini, 26 September 2016 hingga 30 September 2016.

Dalam laporan BMKG, Senin (26/9), beberapa wilayah di Indonesia yang terindikasi berpotensi hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang yaitu:

Dengan tingginya intensitas hujan, masyarakat juga diminta waspada dan berhati-hati terhadap dampak bencana yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, pohon tumbang dan jalan licin.

  1. Sumatra, meliputi Bengkulu, Sumatra Selatan (potensi banjir), Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Lampung, dan Jambi.

2. Jabodetabek, meliputi DKI Jakarta (potensi banjir), Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, dan Bali.

3. Pulau Kalimantan, meliputi hampir semua provinsi dan warga diharapkan mewaspadai banjir, baik itu akibat hujan maupun kiriman dari Malaysia.

4. Pulau Sulawesi, meliputi semua provinsi dan warga diharapkan mewaspadai angin kencang (thunderstorm).

5. Wilayah kepulauan atau perairan, meliputi wilayah Laut Andaman, Perairan Kepulauam Nias dan Kepulauan Mentawai, Perairan Bengkulu dan P. Enggano. Serta, Perairan Barat Lampung, Samudera Hindia Barat Sumatera, Selat Sunda bagian Selatan, Perairan Selatan Pulau Jawa hingga Selatan NTB, Samudera Hindia Selatan Pulau Jawa hingga Selatan NTB. Warga dimintai mewaspadai potensi gelombang tinggi.

Dengan tingginya intensitas hujan, masyarakat juga diminta waspada dan berhati-hati terhadap dampak bencana yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, pohon tumbang dan jalan licin. (zz)

Komentar