ALUMNI TEKNIK ELEKTRO UNJ LKM UNJ: WEBINAR BISNIS COVID-19

288
Webinar Strategi Bisnis IKA Teknik Elektro dan IKA LKM UNJ
Webinar Strategi Bisnis IKA Teknik Elektro dan IKA LKM UNJ

Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Teknik Elektro Universitas Negeri Jakarta (UNJ) beserta IKA Lembaga Kajian Mahasiswa (LKM) UNJ menggelar webinar (web seminar) yang bertema ‘Strategi Bisnis di Masa Pandemi COVID-19’ pada Sabtu (9/5) yang berlangsung di aplikasi Zoom waktu setempat.

Dosen Teknik Elektro sekaligus pengusaha gondola Ir. Drs. Tarjiman, M.Pd. dalam kesempatannya sebagai panelis dalam diskusi tersebut menjelaskan jika usahanya selama masa pandemi COVID-19 memang mengalami perubahan signifikan bagi dari segi pemasukan keuangan serta produksi. Namun hal itu tidak menyurutkannya untuk tetap menjalankan aktivitas bisnisnya.

“Yang biasanya teknisi saya beroperasi di tempat wisata, kini dialihfungsikan di beberapa tempat, seperti di stasiun televisi contohnya. Jadi, perusahaan saya tetap berjalan walau banyak perubahan teknis”, ujar Tarjiman.

  Kunci untuk bisa survive ditengah menurut Maulidan Isbar selaku Chief Executive Officer (CEO) Kayuh Indonesia dan Ketua BPC HIPMI Depok adalah kemampuan beradaptasi dengan keadaan dan kondisi apapun

“Jadi, ada semacam jargon diantara teman-teman saya sesama pengusaha yaitu “adapt, adapt, and adapt”. Bahkan disituasi yang luar biasa ini, butuh kreatifitas yang luar biasa juga.”, ujar Isbar dalam kesempatannya sebagi panelis.

Lanjut menurut CEO Zavrel Indonesia dan Ketua IKA Teknik Elektro UNJ Bagus Wahyu Trianto juga tak bisa pungkiri perusahaan juga ikut terkena imbas dari adanya pandemic COVID-19. Dalam kesempatannya sebagai panelis ini juga berupaya untuk adaptasi, salah satunya dengan bertambahnya produksi untuk peralatan medis dan alat perlindungan diri (APD).

“Hingga saat ini, perusahaan saya sudah memproduksi puluhan ribu APD, seperti masker, baju Hazmat, dan lain sebagainya. Sebagian besar disumbangkan untuk para relawan medis yang berjuang di pusat penanganan COVID-19.”, ujarnya.

Selain itu, CEO Uttara Kris Samuel yang turut juga dalam webinar tersebut dalam kesempatannya sebagai panelis juga menyampaikan strateginya dalam menghadapi pandemic kali ini.

“Saya kira, pandemi ini bukanlah bencana yang harus kita ratapi terus menerus. Justru ini menjadi tantangan kita kedepannya untuk mempersiapkan segala sesuatunya lebih baik daripada sebelumnya.”, ujar Kris.

CEO PT. CIpta Safety Management Eko Prasetyo Supon yang juga berkesempatan sebagai panelis juga merubah strategi bisnisnya pada penangan COVID-19

Rencananya, kerjasama webinar ini akan berlangsung secara tematik dalam 3 sesi kedepannya sebagai bagian dari upaya dalam menghadapi situasi pandemi yang diperkirakan akan mereda pada bulan September 2020.

Acara ini juga dihadiri juga secara on-line oleh beberapa tokoh, seperti Syaiful Bachri (Komisioner Bawaslu Provinsi Bekasi), Massus Subekti (Dosen Teknik Elektro UNJ dan Ketua IKA LKM UNJ), dan dimoderatori oleh Bayu Suryo Wiranto (Sekjen IKA Teknik Elektro UNJ dan Ketua LKM UNJ periode 2015).

Komentar