KOTA, FOKUSUTAMA – Banyak alasan yang sering kali terdengar, seperti “itu bukan kesalahan kamu, tapi kesalahanku” atau “aku sebenarnya tertarik sama kamu, hanya saja saat ini aku belum siap untuk berkomitmen”.

Hal ini, bersama dengan “aku terlalu sibuk untuk menjalin hubungan dengan orang lain saat ini”, seringkali terdengar saat seseorang sedang menghindari jenjang hubungan yang lebih serius.

Seorang psikolog klinis, Ramani Durvasula, PhD, mengatakan, hal ini mungkin disebabkan karena seseorang terlalu sibuk dengan pekerjaannya sehingga merasa tidak memiliki waktu untuk dirinya sendiri atau tuntutan pekerjaannya yang menyita banyak waktu dan energi saat ini.

Akibatnya, dia tidak memiliki waktu yang cukup untuk membaginya dengan orang lain sebagai pasangannya.

Selain itu, bisa jadi orang tersebut pernah mengalami kegagalan karena kesulitan membagi waktu antara pekerjaan dan kehidupan pribadinya sehingga dia menjadi sangat hati-hati dengan hubungan berikutnya, tambah Durvasula.

Jocelyn Charnas, PhD, seorang psikolog klinis di Manhattan menyetujui bahwa mungkin memang ada benarnya beberapa orang kesullitan menemukan waktu yang tepat untuk berkencan, karena terlalu sibuk dengan pekerjaannya sehari-hari.

Ada juga kemungkinan seseorang berada di sebuah titik di mana dia harus memutuskan mana yang harusnya menjadi proiritas, pekerjaan, atau pasangan di saat yang bersamaan.

“Hal ini mengacu pada dua hal: yang pertama adalah dia tidak mau atau tidak bisa menginvestasikan waktu dalam suatu hubungan, yang kedua, hal ini adalah sebuah cara yang sopan untuk menyampaikan pesan bahwa mereka tidak tertarik pada Anda, “kata Charnas.

Walaupun kadang tebersit niat untuk menunggunya sampai siap menjalani hubungan, tetapi sebaiknya Anda lupakan dan mulai melanjutkan hidup kembali.

“Jangan berpikir dia akan merubah pikirannya, itu tidak akan berhasil dan hanya akan membuat Anda terluka dan kecewa”, tambah Durvasula

“Sebenarnya tidak banyak yang bisa Anda lakukan, entah ini hanyalah alasan atau memang kenyataan, yang harus Anda yakinkan adalah pria itu tidak tepat untuk Anda saat ini”, tambah Charnas.

Kalau nantinya dia sudah memiliki banyak waktu dan mencari Anda, artinya pria tersebut sudah siap memulai hubungan baru. Namun, kalau hal ini tidak terjadi, Anda tidak perlu khawatir. Lagipula, Anda juga cukup sibuk dengan keseharian ketimbang memikirkan hal ini. (MX)

BAGIKAN

Komentar