Aksi di Depan Balai Kota, Buruh Minta Kenaikan UMP

491
Buruh Menggelar Aksinya

JAKARTA, FOKUSUTAMA.COM – Cuaca yang sangat terik itu tak membuat patah semangat ratusan buruh Jakarta untuk menuntut kenaikan upah menjadi Rp 650 ribu untuk Upah Minimum di Provinsi DKI Jakarta 2017 mendatang.

“Ratusan Buruh di Jakarta Meminta Kenaikan Upah Menjadi Rp 650 ribu Untuk Upah Minimum di Provinsi DKI Jakarta 2017 mendatang”

Banyaknya buruh berseragam merah yang terafiliasi di Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia dan Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia itu pun menggelar aksinya di depan kantor Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, Balai Kota, Jakarta Pusat.

Menurut buruh, alasan mereka meminta kenaikan upah UMP Jakarta dari Rp 3,1 juta menjadi Rp 3,75 juta, dikarenakan daya beli buruh masih sangat kurang.

Tercatat, UMP DKI Jakarta masih berada di bawah daerah tetangga, misalnya Bekasi, Upah Minimum Kabupatennya Rp 3,3 juta. Dan juga masih lebih rendah dari Karawang Rp 3,3 juta.

“UMP di ibu kota masih kalah sama Bekasi dan Karawang,” tegas seorang demonstran dalam orasinya, di depan gerbang Balai Kota Jakarta, hari ini.

Mereka pun berharap Dewan Pengupahan Provinsi yang nantinya akan melaksanakan rapat pembahasan upah 6 Oktober mendatang, mampu memberikan saran dan pertimbangan yang rasional kepada gubernur dalam rangka penetapan UMP kedepannya.

“Dewan Pengupahan jangan masuk angin. Naikan upah buruh Rp 650 ribu,” kata seorang buruh dalam orasinya. (NC)

Komentar