6 Profesi Ini Terancam Punah Oleh Keberadaan Robot

710

FOKUSUTAMA.COM, NEWYORK – Teknologi semakin maju, hal ini membuat pekerjaan manusia kini semakin menjadi mudah. Banyak penemuan baru di bidang teknologi pun ada yang membuat robot untuk melakukan pekerjaan yang sebelumnya dilakukan oleh manusia.

Bukanlah hal yang tidak mungkin semisal nantinya posisi dan kedudukan yang diperankan robot bisa menenggelamkan kesempatan bekerja di profesi tertentu. Lalu apa saja pekerjaan yang terancam hilang akibat adanya robot? Berikut ulasannya dilansir dari Salary.com, Rabu (16/11/2016):

6. Paralegal
Kesempatan digantikan robot: 95 persen

Dalam sebuah penyidikan kasus, tim hukum membutuhkan jasa dari seorang paralegal untuk mencari dokumen, mencari pasal yang berkaitan dengan tindak hukum hingga dokumen-dokumen bukti lainnya.

Perlu penyidikan berbagai dokumen untuk bisa menghadirkan bukti yang sah di muka persidangan. Kini hal ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan piranti lunak sehingga pekerjaan bisa lebih cepat diselesaikan.

5. Tukang masak
Kesempatan digantikan robot: 96 persen

Tak jarang kita melihat perusahaan teknologi membuat mesin yang membantu keperluan orang dalam memasak. Mesin ini diprediksi akan terus berkembang hingga bisa membuat makanan sendiri. Pekerjaan sebagai chef maupun tukang masak pun terancam hilang.

4. Kasir
Kesempatan digantikan robot: 97 persen

Banyak toko dan supermarket yang kini menggunakan teknologi mesin agar konsumen bisa membayar barang yang dibeli dengan lebih mudah. Selain menghemat waktu, hal ini juga membuat perusahaan lebih hemat dalam bidang operasional.

3. Analis Kredit
Kesempatan digantikan robot: 98 persen

Seorang analis kredit bertanggung jawab untuk meriset dan menilai sejarah kredit dari nasabah. Akan tetapi, dengan kemajuan teknologi kini hal tersebut bisa dilakukan dengan menggunakan bantuan piranti lunak

2. Petugas peminjam uang
Kesempatan digantikan robot: 98 persen

Secara umum, petugas peminjam uang ini bekerja di bank sebagai penentu kebijakan peminjaman uang bagi nasabah. Namun kini, beberapa bank di Amerika Serikat ada yang sudah menggunakan hal ini secara otomatis. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir faktor error dalam proses peminjaman uang.

1. Telemarketer
Kesempatan digantikan robot: 99 persen

Telemarketer merupakan seseorang yang bertugas memasarkan sesuatu lewat jalur telepon. Hal ini sangat mudah digantikan oleh robot karena orang akan sulit mengenali suara seseorang dari telepon. Beberapa perusahaan bahkan ada yang sudah memberlakukan teknologi telemarketer otomatis. (MFA)

BAGIKAN

Komentar